Wanita Pendiri Universtas Tertua Di Dunia

Fatimah Al Fihri; Pendiri Universitas Al Qarawiyyin
Tahukah Siapakah yang pertama kali mendirikan universitas di Dunia ini? Ya! namanya adalah FATIMA AL FIHRI, seorang wanita Muslimah anak seorang saudagar. Sepeninggal ayahnya, dia mendapat harta kekayaan yang berlimpah dan kemudian mendirikan sebuah universitas di Fes Maroko bernama Al Qarawiyyin. Jadi, universitas tertua di dunia bukan Al-Azhar.

Kenapa disebut universitas? karena kinerja yang terjadi di dalamnya sudah terorganisir dan sitematis. Mereka yang hendak bergabung dikenakan syarat-syarat khusus, seperti hafal quran dan bisa berbahasa arab. Juga karena sudah ada mekanisme batasan masa belajar, yakni 5 sampai 15 tahun.

Mahasiswa bebas memilih studi yang hendak ia pelajari, dan setiap studi ada pengajar khusus yang spesialis dalam bidang studi tersebut. Para mahasiswa berkumpul di sekeliling pengajar yang bersandar diantara tiang-tiang masjid.

Ibnu Khaldun, seorang sejarawan dan bapak sosiologi adalah salah seorang alumnus universitas tertua tersebut, kemudian Lisanuddin bin khatib yang merupakan seorang penyair, dan lulusan lainnya baik yang berasal dari arab maupun Eropa.

Sampai sekarang, Universitas ini masih aktif dengan kegiatan belajar mengajarnya, namun amat disayangkan, karena Al-Qarawiyyin sekarang telah kehilangan pesona keilmuannya yang saat abad pertengahan lalu sempat membuat silau Eropa dan bahkan dunia.

Demikianlah, tahun 859 M Fatimah Al Fihri mendirikan universitas pertama di dunia, sedangkan pada saat yang sama di Eropa, perempuan hanyalah sebatas harta benda. "Imagine that !! at an era when women were mere chattels in Europe !!" pengakuan seorang barat sendiri di website http://www.scientificamerican.com/

Dari fragmen sejarah ini, terbantahlah isu miring bahwa perempuan tidak mendapat tempatnya di dalam agama Islam, dan terbuktilah siapa yang paling menghormati perempuan dan meninggikan derajatnya.

Comments
2 Comments

2 comments: